1.      MASKER LEMON & LIDAH BUAYA







Cara membuat : ambil satu batang lidah buaya  lalu kikis lidah buaya lalu haluskan,kemudian tambahkan perasaan air lemon 1 sendok makan, lalu tambahkan tepung maizena 1 sendok makan.
Lidah buaya diketahui memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut. Itulah sebabnya, lidah buaya umum dipakai sebagai bahan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak sering ditambahkan ke dalam sabun, sampo, losion, ataupun krim wajah. Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman.
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit Wajah
Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah:
·         Melembapkan kulit
·         Mempercepat penyembuhan luka
·         Membantu menghaluskan permukaan kulit
·         Mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit
·         Membantu meredakan radang dan gatal
·         Berikut manfaat dari lemon untuk wajah yang perlu kita ketahui;
·         Mencerahkan wajah
·         Jika kita termasuk yang rutin merawat wajah, tidak salah lagi kalau lemon baik untuk dijadikan salah satu ritual kecantikan. Dengan rutin mengkonsumsi jus lemon dan memakainya sebagai masker, cara tersebut bisa membantu membuat wajahmu menjadi lebih cerah.
·         Untuk membuat masker lemon yang bisa mencerahkan wajah caranya, perasan lemon bisa ditambahkan satu sendok madu, lalu aplikasikan di wajah sekitar 15-20 menit dan bilas dengan air hangat. Jika kita melakukan cara ini secara rutin, bisa bantu mencerahkan wajah secara permanen.
·          Mengobati jerawat
·         Buah lemon sangat ampuh untuk mengobati jerawat yang kadang muncul saat momen PMS datang. Caranya, ambil 1 buah lemon lalu peras airnya kemudian campurkan kedalam air. Oleskan langsung campuran perasan buah lemon dengan air pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud, lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.
·         Menghilangkan komedo
·         Kandungan di dalam buah lemon dapat mengangkat dan mengeluarkan kotoran yang dapat menyebabkan komedo di wajah, sehingga kulit wajah jauh dari komedo yang mengganggu. Caranya yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk lemon pada daerah wajah yang terdapat komedo dengan menggunakan cotton bud, lakukan secara rutin dan teratur setiap hari setelah membersihkan wajah.

2.      MASKER PEPAYA & TOMAT

 
 



Cara membuat : ambil satu potong pepaya yang sudah matang lalu haluskan, kemudian ambil ambil stengah buah tomat kikis menggunakan sendok, buang bijinya dan campurkan pepaya tadi dengan buah tomat

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah pepaya yang paling ampuh adalah untuk melancarkan pencernaan dan BAB, namun tahukah anda bahwa pepaya menyimpan ribuan manfaat lainnya. Pepaya adalah jenis tanaman buah ini sangat banyak dipelihara. Pohon pepaya sering sekali kita jumpai disetiap pekarangan rumah warga di Indonesia. Buah pepaya yang enak dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda sampai yang sudah matang, dapat dinikmati sebagai kuliner yang sangat menggugah selera. Dibalik itu semua, pepaya memang baik dikonsumsi karena khasiatnya juga berlimpah.
Kandungan Gizi Buah Pepaya
Satu buah pepaya dengan ukuran sedang, mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein. Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari manfaat vitamin Cdan satu buah pepaya, memberikan 224% dari kebutuhan harian. Kandungan pepaya lainnya terdiri dari :
·         folat
·         vitamin A
·         magnesium
·         tembaga
·         asam pantotenat
·         fiber.3
·         vitamin B
·         alfa
·         beta karoten
·         lutein
·         zeaxanthan
·         vitamin E
·         kalsium
·         kalium
·         vitamin K
·         lycopene (antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan manfaat tomat)

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat pepaya bagi kesehatan penting sekali terutama untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pepaya, mengurangi risiko kesehatan, bahkan mendukung kecantikan kulit seperti berikut :
1. Anti inflamasi
Manfaat papaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.
2. Menguatkan sistem imun
Vitamin C dan vitamin A yang diproduksi dalam tubuh. Senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

Manfaat Baik Tomat untuk Kecantikan

Mengecilkan pori-pori terbuka
Campur jus tomat dengan sedikit jus lemon dan aplikasikan pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu untuk melihat pori-pori terlihat mengecil.
2. Menunda penuaan dini
Tomat dapat membantu menunda proses penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan perawatan buah tomat. Kupas tomat dan hancurkan semua daging buahnya serta air jusnya. Campurkan dengan tepung hingga teksturnya berubah menjadi pasta.
Oleskan pada wajah Anda sebagai masker dan biarkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar kulit wajah terasa lembab.
3. Untuk meredakan jerawat
Tomat mengandung Vitamin A dan C, yang keduanya sangat membantu dalam mengurangi jerawat. Potong tomat menjadi dua dan gosokkan potongan tomat dengan gerakan melingkar pada kulit Anda selama sekitar 10 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.
4. Mengatasi permasalahan kulit berminyak
Campur jus tomat dengan jus mentimun, dan aplikasikan pada wajah Anda dengan bantuan bola kapas. Lakukan perawatan ini setiap hari ini untuk mengatasi permasalahan minyak berlebih pada wajah Anda. Tomat memiliki sifat zat alami yang dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih, dan mentimun dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit.

3.      MASKER KUNYIT







Cara membuat : blender 1 ruas kunyit menggunakan 10ml (3 sendok makan) susu plain (bear brand), kemudian campur dengan 1 sendok tepung maizena.
Manfaat Masker Kunyit untuk Kulit Wajah
Masker kunyit adalah salah satu cara perawatan wajah yang telah dilakukan sejak zaman dahulu. Nah, berikut ini berbagai macam manfaat masker kunyit, di antaranya:

1. Mengusir jerawat

Bagi Anda yang memiliki jerawat membandel, Anda bisa mencoba menggunakan kunyit sebagai solusinya. Sebab, kunyit sangat kaya akan antioksidan yang bisa mengatasi masalah serius pada wajah. Selain itu, manfaat masker kunyit  juga bisa membatasi produksi minyak pada wajah yang merupakan biang kerok tumbuhnya jerawat.

2. Menyamarkan bekas jerawat

Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada berjuang melawan jerawat adalah mengatasi noda bekas jerawat yang menggangu penampilan Anda. Untungnya, Anda tidak perlu membeli produk mahal untuk mengatasi bekas jerawat. Berkat kemampuan anti-radangnya, manfaat masker kunyit juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.
Obat untuk hiperpigmentasi dan bekas jerawat, kunyit efektif dan alami tanpa efek samping. Kandungan kurkumin dalam kunyit adalah anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang mengurangi produksi melanin berlebih, yang membantu meratakan warna kulit dan mencerahkan bekas luka.

3. Mencegah keriput

Jika Anda rutin melakukan perawatan wajah dengan masker kunyit, maka Anda akan terhindar dari keriput atau penuaan dini. Sebab, manfaat masker kunyit bisa membuat tekstur pada wajah tetap terjaga dengan menyehatkan langsung melalui pori-pori. Untuk hasil maksimal, gunakan masker kunyit secara rutin 3 kali dalam seminggu.

4. Anti pigmentasi

Manfaat kunyit untuk wajah sebagai anti-pigmentasi, karena kunyit memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi pigmentasi. Adapun bagian wajah yang cukup rentan adalah bagian bawah mata, maka Anda harus rutin melakan terapi ini pada area tersebut sambil memberi pijatan halus saat mengenakan masker kunyit ini.

5. Mengangkat sel kulit mati

Tak hanya produk kosmetik saja yang bisa mengangkat sel kulit mati, tapi manfaat masker kunyit juga sama ampuhnya. Hal ini telah terbukti dari zaman dulu. Sebab, selain bisa mengangkat sel kulit mati, kunyit pun tidak akan meninggalkan bekas yang berarti pada wajah, alias aman digunakan tanpa risiko.

6. Mengatasi hirsutisme

Hirsutisme adalah kondisi di mana rambut wajah berlebihan – dan itu adalah hasil dari ketidakseimbangan hormon. Manfaat kunyit untuk wajah dapat membantu menghilangkan rambut wajah. Bahkan mengonsumsi kunyit dapat mengobati ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hirsutisme.

7. Menyamarkan kantung mata hitam

Jika Anda rentan mengalami kantung mata yang mengitam atau mata panda, Anda tahu betapa sulitnya mencari cara mengatasinya. Meskipun ada banyak produk di pasar yang mengklaim dapat mengurangi munculnya mata panda, namun kini Anda tak perlu khawatir karena manfaat kunyit untuk wajah bisa mengatasi keluhan terebut
Kunyit terbukti sebagai agen anti-inflamasi dan pencerah kulit, jadi sangat cocok untuk mengurangi kekhawatiran semacam ini. Kunyit juga merangsang sirkulasi, yang dapat membantu mengurangi bengkak dan kehitaman di bawah mata yang disebabkan oleh sirkulasi yang buruk.

8. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Berdasarkan penelitian yang dipresentasikan di American Academy of Dermatology (AAD), menunjukkan bahwa krim pelembap yang mengandung kunyit memiliki kemampuan untuk memperbaiki garis-garis halus dan bintik-bintik cokelat pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
Kunyit juga membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit karena paparan UVB jangka panjang. Sebaiknya menerapkan kunyit secara topikal atau mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk wajah.
Cara membuatnya, campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok makan madu hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

9. Mengatasi kulit kering

Kunyit bisa sangat melembapkan dan merevitalisasi kulit sambil mengurangi gejala kulit kering. Manfaat kunyit untuk wajah secara alami mempercepat proses menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit sehat dan lembut, dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan lebih lanjut.
Sebaiknya Anda mengonsumsi kunyit dalam bentuk teh atau menambahkan kunyit pada menu makan Anda, cara ini dapat membantu Anda mendapat lebih banyak manfaat kunyit untuk wajah.

4.      MASKER PUTIH TELUR

 






Cara membuat : ambil putih telur kemudian campurkan jeruk nipis kira kira 1 sendok makan lalu dinginkan di kulkas sebelum menggunakan.
Manfaat masker putih telur.

 Mengecilkan Pori-Pori

Bagi kamu yang memiliki pori-pori besar, masker putih telur mampu mengecilkan pori-pori yang ada di wajahmu lho! Hal tersebut karena di dalam putih telur terkandung zat astringent yang mampu mengecilkan pori-pori. Karena kandungannya yang alami, masker putih telur sendiri bisa kamu gunakan pada area T-Zone yang umumnya memiliki pori besar bahkan keseluruhan wajahmu. Agar semakin efektif, kamu bisa menambahkan putih telur dengan perasaan lemon segar. 

2. Mengencangkan Kulit

Semakin bertambahnya usia, kadar elastisitas kulit akan mengalami penurunan dan menyebabkan kulit tidak lagi kencang. Masker putih telur bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mengencangkan kulit wajah. Pada saat kamu mengusapkan masker putih telur lalu membilasnya, wajahmu akan terasa kencang dalam seketika. Time to try it at home!

3. Menyerap dan Mengurangi Minyak Berlebih

Calling all acne prones babes! Selain dua poin di atas, masker putih telur juga dapat digunakan untuk menyerap dan mengurangi minyak berlebih. Usapkan putih telur secara tipis-tipis ke area wajahmu yang memiliki minyak berlebih lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan ini secara rutin agar mengontrol kadar minyak dalam wajahmu ya, girls!

 

4. Mencegah Timbulnya Jerawat

Girlssalah satu faktor utama kulitmu berjerawat adalah jumlah minyak yang terlalu menumpuk di wajah sehingga menyumbat pori-porimu. Seperti manfaat putih telur sebelumnya yang mampu menyerap dan mengurangi minyak berlebih, maka masker putih telur juga bisa digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat dan mengurangi bekas jerawat. Supaya kian powerful dalam mencegah jerawat, teteskan juga tea tree oil ya ke dalam campuran masker putih telur kamu.


5. Mengurangi Blackheads
Ingin mengurangi komedo hitam tanpa rasa sakit karena proses ekstraksi, girls? Kamu tinggal menggunakan masker putih telur pada area hidung, pipi, serta dagu yang biasa menjadi area rawan blackheads. Putih telur secara alami mampu mengurangi produksi minyak alami di wajah dan juga mengurangi kotoran serta sebum yang mengendap di area pori-pori. Sehingga pori-pori kamu akan lebih mengecil dan akhirnya mengurangi blackheads di wajahmu.

6. Mencegah Penuaan dan Garis Halus di Wajah

Kandungan protein yang terdapat dalam putih telur bisa menjaga kadar elastisitas di dalam kulit dan juga memperbaiki tekstur kulit. Tak hanya itu, putih telur juga mengandung kolagen yang mampu menangkal garis halus dan kerutan di area wajah. Mudah dan minim efek samping, that's why we love it!

7. Mengatasi Bulu Halus di Wajah

Punya masalah dengan bulu halus di area wajahmu? Masker putih telur bisa menjadi jawabannya. Kamu tinggal mengusapkan masker putih telur ke area wajahmu, biarkan mengering dan angkat sisa masker putih telurmu menggunakan handuk hangat. Bulu-bulu halus di wajahmu pun akan terangkat dengan effortless. 

5.      MASKER JERUK NIPIS

 




Cara membuat : campur perasan jeruk nipis dengan madu 1 sendok teh.
Manfaat jeruk nipis untuk wajah

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk kulit wajah baik melalui air maupun kulitnya. Penggunaan jeruk nipis bisa diminum atau dioleskan pada wajah. Kandungan vitamin C, flavonoid, asam sitrat, dan beberapa vitamin inilah yang membuat ada banyak khasiat jeruk nipis untuk wajah.
Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah:

1. Anti aging

Usia yang semakin bertambah, paparan sinar UV, polusi, dan beberapa zat di dalam asupan sehari-hari membuat kulit wajah mulai menampakkan gejala penuaan. Tentunya tidak ada wanita yang ingin memiliki gejala penuaan dini seperti noda hitam, keriput, dan lainnya.
Kebanyakan wanita memilih krim dengan kandungan zat kimia sebagai solusi anti aging. Padahal manfaat jeruk nipis untuk wajah bisa juga sebagai anti aging. Pemanfaatan jeruk nipis bisa menjadi sebuah cara alami dalam mengatasi gejala penuaan dini.
Anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan menggosokkan kulit jeruk nipis pada kulit wajah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari kulit jeruk nipis. Penggunaan kulit jeruk nipis mampu mengurangi hiperpigmentasi dan menghambat produksi melanin.

2. Mengobati jerawat

Jerawat merupakan masalah umum yang dimiliki oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Orang yang memiliki kulit wajah berminyak cenderung mendapatkan masalah sumbatan pada pori-pori wajah dan adanya bakteri sehingga menyebabkan jerawat.
Sebuah kabar bahagia bagi Anda yang memiliki jerawat karena jeruk nipis bermanfaat untuk mengobati jerawat. Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini sangat penting untuk orang yang berjerawat. Melalui kandungan air jeruk nipis membuat jeruk nipis memiliki sifat antibiotik sehingga bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat.
Gunakanlah air jeruk nipis bersama dengan madu untuk mengatasi jerawat. Aplikasikanlah kombinasi jus jeruk nipis dengan madu secara rutin seminggu sekali. Apabila di sekitar jerawat terdapat luka maka pijatlah luka tersebut menggunakan sedikit air jeruk nipis.

3. Mengatasi pori-pori yang lebar

Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan zat tertentu yang memiliki sifat astringen. Tahukah Anda apa fungsi dari sifat astringent ini? Astringent ini bisa membuat otot-otot menjadi lebih rapat. Hal inilah yang membuat pori-pori wajah yang lebar menjadi normal kembali.

4. Mengatasi masalah kulit yang menjadi warna cokelat

Tidak ada manusia yang bisa terhindar dari paparan sinar matahari. Tanpa disadari, paparan sinar matahari membuat wajah menjadi berwarna cokelat. Masalah wajah ini bisa diatasi dengan air jeruk nipis.
Air jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan masalah kulit cokelat akibat paparan sinar matahari. Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan air jeruk nipis yang ditambah dengan tepung (besan) atau dahi (dadih) sehingga berbentuk seperti pasta dan oleskan pada wajah seminggu sekali.

5. Mengangkat sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah sering kali menjadi penyebab wajah kusam. Wajah akan semakin kusam apabila sel-sel kulit mati semakin menumpuk. Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati.
Manfaat jeruk nipis untuk wajah ini sering digunakan di salon-salon perawatan kecantikan dan juga sebagai pengobatan rumahan. Para wanita yang sudah tahu telah mengaplikasikannya pada wajah sehingga membuat kulit nampak lebih cerah dan segar.

6. Menjadikan kulit bercahaya

Jeruk nipis mampu mengurangi minyak pada wajah sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih bersih. Selain itu, air jeruk nipis yang diminum dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan menimbulkan efek bercahaya pada kulit.
Minumlah segelas air hangat yang berisi jeruk nipis dan madu pada pagi hari. Untuk hasil optimal, minumlah secara teratur. Minuman tersebut akan membuat kulit wajah menjadi bercahaya dan terlihat lebih cantik.
6.      MASKER WORTEL








Cara membuat : blender kental 1 buah wortel dan jangan lupa saring ampasnya, kemudian masukan tepung maizena 2 sendok makan. Masak kedua bahan tersebut sampai mengental kemudian dinginkan dan taruh dalam kulkas sebelum menggunakan.

Manfaat wortel untuk kesehatan kulit

Membuat kulit bersinar
Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam wortel adalah yang berperan penting dalam membuat kulit Anda menjadi lebih bersinar. Antioksidan dapat membantu mengembalikan cahaya pada kulit wajah. Untuk merasakan manfaatnya, buat masker dari wortel dengan cara diparut halus lalu campurkan dengan madu. Diamkan masker tersebut selama beberapa waktu, lalu bilas dan keringkan.

2. Sebagai antiaging

Disebutkan dalam goodhealthall.com, kandungan Vitamin A dan C dalam wortel bersifat antioksidan sehingga bisa membantu menghambat proses penuaan. Antioksidan yang ada dalam wortel bisa melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Mengonsumsi atau menggunakan wortel sebagai masker dapat membantu mencegah kerutan pada wajah, serta mengatasi warna kulit wajah yang tidak merata.

3. Bagus untuk kulit kering

Anda pemilik kulit kering? Mulai sekarang rajin-rajinlan mengonsumsi wortel. Kandungan kalium di dalam wortel, dapat memenuhi kebutuhan kalium Anda. Ini sebuah keuntungan, sebab kulit yang kekurangan kalium, akan cenderung kering. Sehingga, bila kebutuhan kalium Anda terpenuhi dengan baik, kulit tidak akan menjadi kering. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsinya langsung atau rendam wortel yang sudah dikupas ke dalam minyak kelapa murni dalam botol kaca. Biarkan terkena matahari selama dua sampai tiga hari. Setelah itu, saring dan Anda bisa menggunakannya untuk melembapkan kulit.
Bagaimana? Manfaat wortel di atas, bisa mengubah pikiran Anda kepada sayuran yang satu ini? Yang terpenting, perhatikan juga porsi makan, karena terlalu banyak mengonsumsi wortel juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Komentar